Kamis, 10 September 2015

Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Disk (Fixed Disk)

Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Disk (Fixed Disk)

Seperti yang pernah saya janjikan sebelumnya, bahwa jarak antar lnb dalam pemasangan 5 lnb pada satu dis (fixed dis)akan saya bahas dalam artikel tersendiri, dengan menerbitkan artikel ini, maka terpenuhilah janji saya. jarak antar lnb dalam pemasangan parabola non gerak sangatlah penting dalam rangka keberhasilan pemasangan sebuah perangkat antena parabola. karena dalam pemasangan parabola non gerak, dis tidak hanya berfokus pada satu satelit, melainkan berfokus pada 5 satelit sekaligus. sehingga dibutuhkan penempatan lnb yang sangat akurat. kurang tepat sedikit saja, maka hasilnya tidak optimal.

pertama yang harus dipahami adalah satelit berada pada deretan garis lurus katulistiwa. hal ini sangat memudahkan kita dalam merakit 5 lnb sekaligus. karena dengan demikian, maka pemasangan 5 lnb juga harus lurus sejajar, kita tinggal menentukan jarak antara satu lnb dengan lainnya.

lima satelit yang dapat ditangkap adalah:
1. Chinasat 6B pada posisi 115,5 derajat
2. Palapa D pada posisi 113 derajat
3. Telkom 1 pada posisi 108 derajat
4. Asiasat3s pada posisi 105,5 derajat
5. asia 5 pada posisi 100,5 derajat

setelah kita tau urutan satelit, langkah selanjutnya adalah kita harus tau ukuran panjang setik/ jari-jari sebuah dish. seperti gambar berikut:

Titik Fokus Dish
Gambar 1
Jarak titik fokus



jarak antar lnb
Gambar 2
dua buah dis dengan ukuran berbeda tetapi jarak fokusnya sama

dari gambar 1 diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya sebuah dish adalah bagian dari sesuatu yang bulat. sedangkan titik fokus berada pada tengah-tengah dari bulatan tersebut. pada 2 dapat diketahui bahwa besarnya dish tidak menentukan jarak antar lnb karena yang menentukan adalah panjangnya setik/fokus. sedangkan besarnya dis adalah diameter dish tersebut.

yang harus dipahami adalah dis berfungsi memantulkan sinyal, sedangkan satelit tidak berada pada satu tempat, melainkan berjauhan. sistem pantul dish adalah sama dengan pantulan cermin ketika terkena cahaya. jika terkena cahaya dari samping maka akan cahaya akan terpantul dengan kemiringan sama persis dengan datangnya cahaya, tetapi  arahnya berlawanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar